Cara Remove GRUB Ubuntu pada Dual Boot di Windows 7 Rahman Surya Praja Sabtu, 10 Desember 2011 5 Comments


      Jujur saya masih menggunakan dual boot belum full linux, karena saya masih suka menggunakan windows (Cuma untuk maen game+Pemrograman desktop), pasti kebanyakan orang menggunakan dual boot sebagai OS (Operating System) -nya.
     Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Cara Remove GRUB atau Dual Boot Ubuntu di Windows 7". Mungkin banyak cara yang mudah adalah hapus partisi ubuntunya saja lewat tools di windows 7. Memang pasti hilang tuh Ubuntunya, namun MBR (master boot record) atau GRUB pada ubuntu tidak bisa hilang.

     Pada saat booting kembali, GRUB akan mencari Ubuntu dan tidak menemukannya dan akan terjadi error dan bahkan tidak bisa masuk ke system windows.


Tampilan ketika partisi ubuntu di remove , ketika booting kembali...
Pesan ERROR Grub pada saat Booting
      Untuk cara menaggulangi pesan itu, nanti saya akan posting jika ada waktu dan kesempatan lainnya...

      Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghapus GRUB Ubuntu pada Dual Boot di Windows 7, menggunakan MBRFix
1. Download dulu  MBRFix 1.3.0.0

2. Setelah selesai di download, ekstrak file tersebut ke direktori windows C:\ atau Direktori lainnya untuk memudahkan saja sich, ketika menggunakan command prompt ketikan "cd ../../" atau "cd \" untuk masuk direktori C:\

3. Setelah masuk direktori tersebut, ketikan perintah  "mbrfix /drive 0 fixmbr /yes" (Tanpa tanda kutip), kemudian pencet "Enter" (Tidak ada progress ketika pencet ENTER)

contohnya sepeti gambar di bawah ini... 
 

4. Setelah melakukan perintah di atas, silahkan coba hapus partisi ubuntunya dengan cara buka "My Computer >> Manage" atau ketikan "Computer Management" di Search Box pada start menu kemudian "Enter"

5. Setelah tampil "Computer Management" , pilih "Storage >> Disk Management"
Lihat Tampilan Di bawah ini 
Computer Management windows 7

6. Pada tanda panah merah, itu adalah partisi ubuntu yang telah di install, jika ingin delete partisi / ubuntu, tinggal klik kanan pada kotak tersebut dan "Delete Volume", Selesai dan berubah menjadi "Free Space"
7. Restart komputernya dan akan melihat hasilnya...

Semoga berguna....
by Jillur Rahman

Jillur Rahman is a Web designers. He enjoys to make blogger templates. He always try to make modern and 3D looking Templates. You can by his templates from Themeforest.

Follow him @ Twitter | Facebook | Google Plus

5 komentar :

  1. thx gan infonya. tapi saat ketik perintah mbrfix dll di comand promd muncul tlsan 'mbrfix is not recognized as an internal or external command, operable orprogram or batch file.
    "mohon bantuannya gan" makasih sebelumnya..

    BalasHapus
  2. Sebeneranya itu memperbaiki boot windows.. mungkin salah ketik atau coba baca tutornya di file tersebut!

    BalasHapus
  3. gan bsa tnya klo pas trakhir stelah entermasih muncul c:\mbrfix> itu bener kgak apa salah ?

    BalasHapus
  4. misi gan mau tanya, misal kita udah pake mbrfix terus hapus drive yg diinstall Linux (misal drive D) lewat disk management dan drive D sekarang kosong (unallocated) tetapi ga bisa dipartisi, itu gimana solusinya ? thanks

    BalasHapus
  5. Coba di volume lain klik kanan n extend volume

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah berkunjung!! Di Mohon Untuk Meninggalkan Komen, untuk mempererat silaturahmi.... ^_^